Sabtu, 11 Agustus 2018

Pelatihan Strategi Pembelajaran Active Learning "Teks Acak"

Irham Sya'roni   at  Agustus 11, 2018  No comments



Selain menguasai materi, guru professional dituntut pula memiliki keterampilan pedagogis untuk diterapkan dalam pembelajaran. Dengan keterampilan inilah materi pelajaran akan lebih cepat, tepat, dan mudah diterima oleh peserta didik. Guru pun akan tampil sebagai sosok yang menyenangkan dan selalu dirindukan kehadirannya di dalam kelas.
Untuk tujuan itulah ustadz dan ustadzah (dewan asatidz) menggelar kegiatan rutin berupa pelatihan keterampilan pedagogis atau mengajar. Salah satunya digelar pada Selasa, 7 Juli 2018, pukul 20.30 WIB – 22.30 WIB, di rumah Ustadzah Musyawaroh, pengasuh TPA/Madin Darul 'Ulum Asy Syar'iyyah Kalakijo (Kompleks Ingkung Kuali Gotong Royong). Adapun materi pelatihan yang diberikan pada malam tersebut adalah strategi pembelajaran active learning “teks acak” dan ice breaking “Hitam-Hijau”/”Ahmar-Ahdhar”.

Selain pelatihan keterampilan mengajar, kesempatan tersebut dimanfaatkan juga untuk melakukan koordinasi dan pembahasan seputar persoalan pembelajaran tahfizh dan diniyyah. Hadir dalam acara itu: Ustadzah Musyawaroh, Ustadz Sofwan Suhaedi, Ustadz Suradiyono, Ustadz Busrowi, dan Ustadz H. Samsudin. Materi pelatihan disampaikan oleh Bapak Irham Sya’roni, S.Pd.I, sekaligus memimpin rapat koordinasi.


Di antara hasil koordinasi yang pokok adalah:
1.     Mengingat bahwa membaca dan menulis adalah kemampuan dasar bagi peserta didik, maka  target pembelajaran pada beberapa kali pertemuan awal adalah memaksimalkan pembelajaran membaca dan menulis huruf Arab (untuk kelas 1 dan 2) dan huruf Arab-Pegon (untuk kelas 3 sampai 6).
2.    Mengingat bahwa program tahfizh hanya 2 Jam Tugas Mengajar (JTM) maka mutlak dibutuhkan dukungan dan kerjasama dengan guru kelas serta orang tua peserta didik. Secara praksis, dewan asatidz menginformasikan kepada guru kelas dan orang tua peserta didik hafalan apakah yang harus diulang-ulang (muroja’ah) oleh peserta didik, baik di rumah maupun di kelas. Selain itu, diinformasikan juga hafalan apakah yang akan diberikan pada pertemuan berikutnya. []


About the Author

Situs web ini dikelola oleh admin MI Ma'arif Pijenan dengan sumbangan saran dan tulisan dari para kontributor (guru, karyawan, komite madrasah, peserta didik, alumni, dan masyarakat)

0 komentar:

© 2013 MI Ma'arif Pijenan. WP Theme-junkie converted by Bloggertheme9Published..Blogger Templates
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.